Menu Atas

Thursday, June 28, 2012

IDEALISME VS KEWAJIBAN

Yups… hal itu yang akan dibahas kali ini (sekali-kali bikin coretan serius ah).

Mengutip dari Wikipedia, IDEALISME adalah aliran filsafat yang memandang mental dan ideasional sebagai kunci ke hakikat realitas dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik. Jadi idealisme itu suatu sikap konsisten untuk mewujudkan ide tanpa memandang materi dan fisik. Contoh orang-orang yang berIDEALISME tinggi dapat kita jumpai pada tingkat mahasiswa, terlebih ketika mereka berdemo untuk menyalurkan aspirasi. Mereka selalu bilang “SEHARUSNYA”, “JANGAN MAU”, “KITA BISA”. 

Duluuuuu….gw juga pernah mengalami itu, dalam benak gw “masa seh pemerintah ga bisa begini, masa seh pemerintah ga mampu begitu, kenapa pemerintah mengambil langkah itu, seharusnya ini yang dilakukan agar bisa maju”. Eehhmmmm (menghela nafas)


Sekaraaaaaaannggg…. gw Cuma bisa senyam-senyum kalo liat hal itu di televisi, karena menurut gw semua itu percuma, BUANG WAKTU DAN TENAGA.

Nantiiiiii…. Bila mereka sudah memasuki dunia kerja, bila mereka sudah mengalami sendiri. IDEALISME itu PASTI AKAN MUSNAH (kedengerannya pesimis yah, tapi emang). 

Saat kita sudah punya tanggungan dan kewajiban, itulah yang akan menjadi prioritas utama manusia. Bahkaaaannnn…. Manusia bisa merendahkan dirinya sendiri untuk memenuhi tanggungan dan kewajibannya.

Contoh:
Seorang oknum PNS yang awalnya beridealisme tinggi, tidak mau curang dan berusaha untuk jujur. Berkat IDEALISMEnya itu alhasil dia hidup pas-pasan, sedangkan kebutuhan anaknya semakin tinggi. Dan salah satu kewajiban orangtua adalah memberikan kehidupan yang layak untuk anak-anaknya. Akhirnya dengan alasan untuk memberikan kehidupan yang layak untuk anak-anaknya, IDEALISME pun hilang dalam sekejap.

Untuk contoh diatas gw pun speechless, bila gw di situasi itu mungkin gw akan melakukan hal yang serupa. Jadi menurut pendapat gw pribadi, orang-orang yang berIDEALISME itu persentasenya mungkin hanya 0.5% dari 100%

KESIMPULAN : KEWAJIBAN AKAN MENGALAHKAN IDEALISME


1 comment:

  1. Wah saya ga setuju bang...
    Tapi mudah-mudahan saya bisa jadi orang idealisme yang sukses.

    btw, nice article :)

    ReplyDelete