Menu Atas

Thursday, November 13, 2014

Sejarah Rokok

Okeh, kali ini ini gw akan mengupas mengenai rokok. Berawal dari film dokumenter yang gw temuin di youtube (link : http://www.youtube.com/watch?v=mgk1MIHSnT4), gw langsung mengucap Alhamdulillah karena sudah hampir 5 tahun gw BERHENTI MEROKOK. Anyway, thanks to my wife.

Lalu gw lanjut nyari tau lebih detil lagi tentang rokok. Dan mengutip dari situs wikipedia, manusia di dunia yang merokok untuk pertama kalinya adalah suku bangsa Indian di Amerika, untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh. Pada abad ke 16, ketika bangsa eropa menemukan benua Amerika, sebagian dari penjajah Eropa itu ikut mencoba-coba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau ke Eropa. Kemudia kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan bangsawan Eropa. Tapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual, di Eropa orang merokok hanya untuk kesenangan semata-mata. Abad 17 para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negara Islam.

Dari kutipan diatas kita bisa melihat pergeseran fungsi dari rokok itu sendiri, dan mulai dialihkan menjadi life style. Dengan kemasan yang sempurna dan memanfaatkan ilmu marketing yang sempurna, maka jadilah imej rokok seperti yang sekarang ini.

Candaan yang sering kita (baca: gw) dengar waktu SMA, "kayak bencong aja lo ga ngerokok". Padahal setelah di telaah, bencong-bencong yang gw liat di jalan tuh pada ngerokok semua broowww.... :p


2 comments:

  1. Nice, tapi kurang panjang paparannya. Abis bencong ngerokok kudunya dilanjutin lagi narasinya, biar lebih asik ngikutinnya. Ini gw nanggung bacanya, belom klimaks udah kelar :D

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete