Menu Atas

Tuesday, June 26, 2012

Apa sih Repository itu ?

Sudah merupakan hal yang wajib bagi kita semua untuk bisa menambahkan sebuah paket / library (dalam hal ini pada OS linux) untuk mendukung kinerja sebuah aplikasi. Bagi anda yang mengenal dunia linux khususnya yang berbasis GUI (General User Interface) lebih mengetahui apa yang saya maksudkan di sini tapi yang belum mengetahui tidak ada salahnya untuk tahu. Toh ini juga media berbasis web dibawah komunitas linux yang dibangun bertujuan untuk mereka yang mau belajar opensource :d.

Baiklah langsung saja apa yang saya maksudkan disini adalah Repository.Mungkin bagi anda yang tidak mengetahui apa artinya ada baiknya untuk sejenak melakukan searching melalui paman google atau langsung aja berkunjung ke Wikipedia untuk mengetahui apa artinya :).

Singkatnya repository ini adalah sebuah dukungan dari beberapa paket yang dijadikan satu bundel atau generalisasi untuk mendukung end user dalam hal menginstall beberapa aplikasi yang ia kehendaki exp : aplikasi film, music dan aplikasi lainnya.

Peran serta Repository ini sendiri sangatlah dibutuhkan bagi penggemar linux baik kalangan pemula maupun diatasnya yang notabane-nya ada beberapa kalangan yang enggan untuk bermigrasi dikarenakan adanya aplikasi yang belum di support oleh linux :-p. Hal ini bisa saja diatasi jikaulah yang mengatakan tersebut sudah mau mencari / googling sejenak. Adapun hal tersebut memang belum ada mungkin bisa dijadikan sebuah kontribusi atau masukkan kepada pengembang software untuk mendukung aplikasinya diatas mesin Linux. Jadi, masih banyak cara untuk kita bisa memberikan sumbangsih terhadap bangsa ini sebagaimana wujud kita dalam mencerdaskan SDM di atas software yang legal tentunya :).

Repository yang paling banyak dijumpai pada saat ini dan telah banyak diunduh bisa anda temui pada distro turunan Debian seperti ubuntu dimana sudah ada mirornya baik server luar maupun lokal yang telah banyak menyediakan repositorynya exp: server Foss, kambing, komo, its dan masih banyak lagi (googling aja). 

Tidak hanya turunan debian saja masih banyak lagi distro2 lain yang mungkin bisa dijadikan acuan bagi anda untuk mau bermigrasi ke opensource exp: opensuse, pclinuxos, fedora, mandriva dan masih banyak lagi dimana saya sendiri belum sempat mencoba untuk mengeksplorenya maklum limited of time :). 

Jadi yang perlu anda ketahui di sini adalah linux sekarang tidak kalah bersaing dengan beberapa “pesaing lainnya” yang memang sudah familiar dikalangan end user. Untuk itu bagi pengembang linux / komunitas terus melakukan inovasi yang tidak ada kata berhenti untuk bisa grow up menjadikan sejajar ataupun lebih dari yang lainnya tak hanya handal pada satu bidang saja melainkan beberapa bidang lainnya juga.

Untuk anda yang mungkin jarang sekali online dan keseringan offline serta mengalami kesulitan untuk mendapatkan repository. Kali ini tidak perlu khawatir apalagi di jaman serba digital saat ini, karena repository bisa di dapatkan pada bundel yang dikemas dalam bentuk CD / DVD . Tinggal anda mencari beberapa situs / website yang menyediakan repository dalam bentuk CD / DVD ini sesuai distro / varian Linux anda. Memang untuk pertama kali berkenalan dengan si pinguin ini agak sedikit gampang dan sedikit susah tapi apabila sudah dekat sekali awas!!! anda bisa terjangkit demamnya :d.

No comments:

Post a Comment